Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan. Guna mendekatkan diri pada masyarakat dan sebagai wujud aplikasi sharing pengalaman dan keilmuan, salah satu dosen Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd. dan dosen Teknik Informatika RR. Y. Rachmawati Kusumaningsih, S.T., M.T. bekerjasama dengan UKM Pramuka mengadakan pengabdian pada masyarakat di Dusun Lemahbang, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul.

Materi yang diberikan tentang kewirausahaan dengan tema “Berani Kreatif Menjadi Wirausaha Cerdas Guna Menolong Sesama Hidup dan Ikut Serta Membangun Masyarakat”. Menurut Aji Pranoto selaku narasumber dan juga dosen wirausaha di IST AKPRIND Yogyakarta bahwa sulitnya masyarakat berwirausaha karena “mental block” pikiran-pikiran yang dihantui oleh perasaan takut, tidak percaya diri dalam memulai usaha. Padahal ciri utama wirausaha adalah kreatif (menciptakan sesuatu yg baru), inovatif (mengembangkan sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik), dan terorganisir (mempunyai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindakan). Sikap mental wirausaha harus ulet, gigih, tangguh, trengginas dan berani mengambil resiko. Dengan sikap semacam itu maka akan memberi tambahan penghasilan rumah tangga.

Keterampilan hidup yang diberikan adalah mengenai bagaimana mengelola hasil bumi potensi lokal seperti ketela, pisang, palawija, dll menjadi produk yang lebih menarik dan menjual. Materi diberikan dalam bentuk game in bonds, ceramah, diskusi & interaktif, sehingga masyarakat sangat menikmati pelatihan tersebut. Besar harapan dari masyarakat untuk dilakukan pendampingan secara berkelanjutan demi terwujudnya hubungan antara akademisi dan pelaku usaha. (joe)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here