Merupakan sebuah kesempatan bisa memperkenalkan lebih jauh, apa itu Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM)  IST AKPRIND Yogyakarta. Melalui Departemen Bengkel dan Divisi HARD HMM IST AKPRIND Yogyakarta berkesempatan mengudara lewat Talkshow I-Techno di Radio ISTAKALISA 96,2 FM. Priyanto (Koordinatot Departemen Bengkel), Gesit Prayogo (Wakil Koordinator Departemen Bengkel), dan Heri Triyantono (Bendahara Departemen Bengkel) didaulat untuk menjadi narasumber pada talkshow tersebut.

Dijelaskan bahwa Tugas dan fungsi dari departemen bengkel dan divisi hard:

  • Sebagai departeman yang menampung serta menyalurkan minat dan bakat seluruh mahasiswa teknik mesin terutama yang hobi pada dunia otomotif di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.
  • Departemen Bengkel dan Divisi HARD yang masih dalam struktur organisasi HMM dan dibawah pengawasan  Jurusan Teknik Mesin yang secara umum antara lain berkoordinasi bersama Ketua HMM dan Ketua Jurusan Teknik Mesin dalam peningkatan layanan mutu mahasiswa untuk menampung dan penyalur minat dan bakat mahasiswa dalam bidang otomotif khususnya sepeda motor.

Kegiatan yang rutin dilakukan oleh departemen bengkel dan divisi HARD adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan kegiatan service murah dan gratis serta melakukan pelatihan mekanik agar mahasiswa teknik mesin mempunyai soft skill pada dunia otomotif khususnya sepeda motor. Prestasi terakhir divisi hard menjadi Juara 1 pada event Jogja Pocket Bike Fun Race kelas Bebek 4 tak 125 cc di sircuit Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta pada 17 agustus 2017. Patut diapresiasi karena tidak  menggunakan kepandaian dalam hal ini dibidang otomotif untuk berkegiatan yang negatif (balap liar) tetapi yang bermanfaat sehingga dapat menorehkan prestasi dan menjalin hubungan sesama pecinta otomotif dan dunia balap.

Hal lain yang dilakukan adalah memberi pelatihan bagaimana  cara merawat sepeda motor sehari-hari kepada siswa/siswi SMA dimana mereka sebagian besar tidak mengerti tentang sepeda motor. Kegiatan ini juga untuk lebih mendekatkan HMM dan Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta kepada masyarakat.

Melalui program ini juga kami mewakili HMM dan Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta mengajak kepada Pemerintah Desa dan SMA/SMK untuk kita bekerjasama guna mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tutur Priyanto menutup Talkshow I-Techno bersama HMM.

BRAVO HMM IST AKPRIND YOGYAKARTA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here