Kerja sama antara Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, IST AKPRIND Yogyakarta dengan Faculty of Mechanical Engineering, Universiti Malaysia Pahang (UMP) dan dikoordinasi oleh Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) IST AKPRIND Yogyakarta membuahkan sebuah temu ilmiah bertajuk Kuliah Umum Internasional dengan nara sumber Dr. Dandi Bachtiar, dosen senior UMP. Dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri, Dr. Ir. Toto Rusianto, M.T., memberikan apresiasi kepada Jurusan Teknik Mesin dan HMM IST AKPRIND Yogyakarta yang telah mempersiapkan sehingga acara ini dapat terlaksana.

Natural Fibre Composite” itulah topic yang menjadi fokus diskusi dalam kuliah umum internasional ini dan nara sumber menyampaikan pengalamannya dari hasil penelitian yang dilakukan. “Performance of Sugar Palm Fibre” focus penelitian yang dilakukan, dengan latar belakang serat alam lebih ramah lingkungan dan memiliki karakteristik yang khas.

Lebih dari 100 mahasiswa hadir dan dengan sangat antusias mereka memperhatikan apa yang disampaikan dalam kuliah umum internasional ini. Bahkan beberapa mahasiswa juga aktif bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang kritis. Kegiatan ini juga memberikan pandangan bagi mahasiswa yang akan menentukan tema dari Skripsi yang akan mereka kerjakan. Tidak kalah dari mahasiswa, beberapa dosen di lingkungan Jurusan Teknik Mesin pun juga ikut hadir dalam kuliah umum tersebut.

Kegiatan ini merupakan acara lanjutan dari serangkaian kerjasama yang sudah disepakati dimana mewakili antara Jurusan Teknik Mesin, IST AKPRIND Yogyakarta Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D. telah terlebih dulu menjadi nara sumber dalam kuliah umum yang dilaksanakan di Universiti Malaysia Pahang. Saya berharap agar kegiatan ini dapat terjalin dengan baik dan bukan hanya dosen tetapi mahasiswa juga dapat merasakan belajar di tempat lain melalui kerja sama ini, ujar Nidia Lestari, S.T., M.Eng. Ketua Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta. (joe)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here