Luar biasa, 3 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta lolos untuk dapat program magang di Taiwan. Mereka adalah Roy Agus Setyawan, Fajar Nurul Akbar, dan Abdul Mursyid. Tidak mudah memang untuk dapat belajar di luar negeri walaupun itu hanya magang. Semangat yang dimiliki Abdul dan teman –teman lah yang membawa mereka dapat menimba ilmu jauh sampai ke negera tetangga. Dukungan dari Institut terus diberikan sejak awal, mulai dari pendampingan dalam persiapan hingga pada saat keberangkatan mereka ke lokasi magang, terang Dr. Muchlis selaku Kepala Divisi Urusan Internasional.

Program magang ini merupakan wujud kerjasama antara IST AKPRIND Yogyakarta dengan HUNG CHI International Ltd. dan saat ini mereka melakukan magang di COMPUWARE, Taiwan selama 6 bulan. Hal ini dilakukan untuk menambah kemampuan dan pengalaman kepada mahasiswa belajar di luar negeri. Tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Mesin tahun akademik 2015/2016, perstasi akademik dari Roy, Fajar dan Abdul dalam katergori baik sehingga mereka dapat lolos dalam program ini. Kerja praktek (magang) merupakan matakuliah pendudung di dalam mempersiapkan diri mahasiswa menghadapi dunia kerja saat lulus nanti. Bukan semata-mata prestasi akademik yang tinggi tetapi kesiapan mental juga diperhatikan.

Kerja praktek yang telah mereka laksanakan akan masuk dalam matakuliah Praktek Kerja pada Industri (PKPI) dan tidak perlu lagi melaksanakan KP dan KKN, jelas Nidia Lestari, S.T., M.Eng., Ketua Jurusan Teknik Mesin. Hubungan kerjasama dengan luar negeri akan memberikan dampak yang bagus kepada mahasiswa, dimana mereka akan terpacu untuk bersaing mendapatkan kesempatan-kesempatan yang ada, tambahnya. IST AKPRIND Yogyakarta, saat ini juga tengah mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN di Thailand, inilah wujud komitmen dari Institusi untuk menyiapkan generasi-generasi bangsa. (joe)

Baca juga

7 Mahasiswa IST AKPRIND KKN di Hat Yai, Thailand

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here