Siapa yang tidak bangga apabila kuliah di bidang teknik, bidang ilmu yang sangat menjanjikan untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari. Lulus dengan gelar S.T., predikat terbaik, mempunyai prestasi yang membanggakan dan mempunyai daya saing menjadi daya tarik tersendiri dari seorang lulusan bidang teknik. Memang ada harga yang harus dibayar untuk menebus semua itu, tetapi saat ini banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk meraih cita-cita.

Melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi menjadi dambaan bagi para lulusan SLTA. PTN & PTS bersaing menawarkan program studi unggulan, prestasi yang berhasil diraih bahkan tawaran-tawaran kerja setelah lulus. Dari sekian banyak program studi yang menjadi incaran, Teknik Mesin masih menjadi pilihan dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Prospek kerja yang menjanjikan menjadi daya tarik tersendiri karena area lapangan kerja yang luas dan tentu saja bisa membuka lapangan kerja sendiri.

Selain itu, mahasiswa teknik mesin menjadi istimewa dibanding program studi lain. Apa aja tuuh?

  1. Semboyan “Solidarity M Forever”

Semboyan ini adalah ideologi yang dipakai anak teknik mesin. Kata “Solidarity M Forever” memiliki makna solidaritas untuk kepentingan bersama. Ibaratkan sebuah mesin. Mesin akan berfungsi dengan maksimal kalau ada komponen-komponen yang mendukung. Jika salah satu komponen pendukung tersebut rusak atau hilang maka mesin tidak berfungsi dengan maksimal atau mati total. Itulah filosofi dari Solidarity M Forever.

Namun, yang harus diingat adalah Solidarity M Forever tidak bisa dipakai sembarangan. Solidarity M Forever hanya digunakan untuk kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi.

  1. Agenda Hari Korsa

Keistimewaan yang dimiliki mahasiswa teknik mesin lainnya adalah adanya hari korsa. Hari korsa adalah dalam satu hari dimana para mahasiswa teknik mesin memakai korsa mereka. Jika beberapa falkutas lain hanya menganggap korsa tidak penting atau hanya tempelan semata. Bagi mahasiswa teknik mesin korsa adalah identitas.

  1. Mars Teknik Mesin

Solidarity Forever
Solidarity Forever
Solidarity Forever
For Union Machine Strong

Lirik diatas adalah lirik dari mars Solidarity Forever. Mars Solidarity Forever pertama kali dinyanyikan pada malam inagurasi mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung pada tahun 1962. Cerita bermula dari 10 orang mahasiswa yang harus membuat yel-yel kelompok dan diberi waktu selama 30 menit.

Yel-yel tersebut terinspirasi dari pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh” Hal inilah yang menjadi pondasi lahirnya Solidarity Forever, sampai sekarang.

Irama diambil dari refrain salah satu Hymne Patriotic dan untuk menyesuaikan dengan iramanya baris terakhir diubah dari “for union makes Machine strong” menjadi “for union Machine strong”.

  1. Heboh di setiap kesempatan

Ciri yang paling menonjol dari Mahasiswa teknik mesin adalah selalu membuat kehebohan disetiap kesempatan. Baik itu acara formal atau non formal. Jika ditanya mengapa alasan mereka? Ya karena ingin menunjukan solidaritas dihadapan banyak orang. Bahkan ada istilah “No Mesin, No Party”.

Sepertinya halnya pada perayaan wisuda, jika kamu memperhatikan dari semua falkutas. Pasti teknik mesin yang paling menonjol dibandingan yang lain. Mendirikan spanduk dan bendera Solidarity M Forever, menyanyikan Solidarity Forever.

5. Cinta Lingkungan

Mesin sama dengan polusi? Salah. Mereka yang belum tahu mesin mesti berfikir begitu, tetapi sejatinya mesin adalah cinta lingkungan. Bagaimana tidak, hanya teknik mesin yang berupaya bagaimana caranya limbah dari rumah tangga dikonversikan menjadi bahan bakar dan kembali digunakan manusia. Belum lagi kepedulian terhadap lingkungan yang selalu menjada & memelihara

  1. Memiliki Yel-yel

Setiap program teknik mesin di masing-masing universitas memiliki yel-yel unik yang dapat membakar semangat dan menjadi ciri khas masing-masing. Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta pun memilikinya,

 

Hidup mesin…. Hidup….

Hidup mesin…. Hidup….

Hidup mesin…. Hidup….

Mesin Hidup….

Ngeng ngeng ngeng ngeng……..

Unik bukan, masih banyak yang perlu diketahui di Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta. Ikuti akun resmi kami di semua platform yang ada.

Facebook : jtm.akprind

Twitter : mesin_akprind

Instagram : mesin_akprind

 

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/life/education/ishak-okta-sagita/keistimewaan-cuma-akan-didapatkan-mahasiswa-teknik-mesin-c1c2/3

editor: joe

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here