Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Pada abad ke-18, setelah terjadinya revolusi industri di Eropa, Teknik Mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu dan semakin berkembang seiring pesatnya perkembangan ilmu fisika pada abad ke-19. Ilmu ini terdiri dari sejumlah cabang ilmu, yakni mekanika, teknik material, kinematika, termodinamika, dan energi. Secara umum, Teknik Mesin terdiri dari Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi Energi, dan Metalurgi.

Meski menjadi jurusan yang tidak difavoritkan, jurusan Teknik Mesin memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Dengan tujuan mencetak lulusan yang memiliki bekal dasar teknik yang kuat sehingga lulusan teknik mesin mampu merancang, membuat, menggunakan dan mengelola mesin dan sistem yang berkaitan dengan permesinan. Untuk itu dasar matematika dan fisika harus kuat apabila ingin memilih jurusan teknik mesin.

Gaji yang menggiurkan di bidang teknik menjadi daya tarik tersendiri termasuk teknik mesin. Hal ini menjadi salah satu faktor ketika sebagian besar lulusan SLTA akan memilih jurusan yang dikehendaki. Perlu diketahui, gaji yang ditawarkan perusahaan untuk para lulusan baru Teknik Mesin antara 3 – 6 juta rupiah per bulan. Wow…. Sunggguh sangat menarik bukan. Tetapi apabila kamu memiliki kemampuan lebih dan pengalaman kerja yang sesuai maka gaji yang akan kamu dapatkan bisa lebih tinggi lagi. Walau menawarkan gaji yang tinggi, alangkah baiknya dalam memilih jurusan kuliah tidak hanya memperhatikan faktor itu saja. Faktor-faktor lain ada yang lebih penting untuk menjadi pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah. Kenapa? Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko salah jurusan.

Berikut beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan program studi:

  1. Passion

Jika kamu memiliki kesukaan pada bidang teknik mesin maka untuk mempelajarinya tentu tidak sulit, karena gairah dan hasrat akan ada terus dan tidak pernah bosan. Kamu tidak akan pernah bosan walau menghadapi permasalahan yang sulit tetapi kamu malah merasa tertantang.

  1. Motivasi

Dengan motivasi kamu akan lebih mudah menjalani aktivitas sebagai mahasiswa teknik mesin. Kemauan untuk mempelajari dan mengetahui yang akan dipelajari menjadikan belajar di teknik mesin menjadi lebih mudah. Kamu pun tidak akan berhenti di tengah jalan apabial mendapat kesulitan atau permasalahan.

  1. Potensi

Potensi yang kamu punyai harus digali, untuk mengetahui potensi kamu. Apabila potensimu mengarah berbau mesin atau otomotif, maka pilihan jurusan teknik mesin perlu kamu pertimbangkan.

  1. Kepribadian

Tahukah kamu bahwa kepribadian pun dapat dijadikan tolak ukur memilih jurusan kuliah? Terdapat enam kelompok kepribadian, yakni realistis, pemikir, penolong, terorganisir, menguasai orang lain, dan berjiwa seni. Jika kamu termasuk orang yang terorganisir, program studi Teknik Mesin cocok dijadikan pilihan.

  1. Peluang masa depan

Tak dapat dimungkiri bahwa pemilihan jurusan kuliah pun dipengaruhi oleh peluang di masa depan. Hal yang wajar, mengingat setiap orang ingin memiliki karir sesuai dengan ilmu yang dipelajari semasa kuliah. Salah satu jurusan yang menawarkan banyak peluang adalah Teknik Mesin. Jurusan ini sangat menjanjikan karena banyak perusahaan yang membutuhkan ahli mesin. Dengan kualifikasi yang kamu miliki, kamu tidak akan kesulitan menapaki dunia kerja.

Program studi Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang paling banyak ditawarkan oleh perguruan tinggi di seluruh dunia. Selama kuliah, kemampuanmu dalam merancang mesin diasah sehingga mampu menghasilkan mesin yang efektif dan efisien. Tak hanya itu saja, kamu pun akan belajar bagaimana cara menggambar teknik, membuat modeling, simulasi, hingga membuat prototipe mesin. Ilmu ini akan menjadi bekalmu untuk bersaing di dunia kerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here