Perhelatan ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 telah berakhir dan memberikan kesan tersendiri dari masing-masing tim yang berlaga. Perlu diketahui KMHE 2018 yang di gelar di Universitas Negeri Padang (UNP) mulai Selasa (27/11) sampai Sabtu (1/12) dan diikuti oleh 71 tim dari 45 PTN dan PTS di seluruh Indonesia.

Tim IST AKPRIND 1 dengan mobil KALISAHAK 28 turun pada kategori Urban Ethanol berhadapan dengan ITS surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang serta UPI Bandung. Untuk mendapat hasil terbaik, pengembangan-pengembangan terus dilakukan sebelum berangkat mengikuti perlombaan. Dengan penuh kegigihan akhirnya gelar Juara 3, kategori urban ethanol dapat diraih.

Kalisahak 28 meraih peringkat ketiga setelah mampu menempuh jarak sepanjang 166,38 km untuk satu liter bahan bakar. Sementara itu, Nogogeni (ITS) sebagai juara I mampu menempuh 233,83 km/liter dan tim Semeru sebagai juara 2 mampu menempuh jarak 185,17/liter.

Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D selaku dosen pembimbing mengatakan bahwa perolehan hasil tahun ini sebenarnya masih lebih rendah daripada KMHE tahun 2014 yang menduduki posisi runner up. Namun secara kualitas baik tim maupun teknis kendaraan terdapat peningkatan yang cukup signifikan.

Sehingga Tim yakin mobil Kalisahak 28 mampu berprestasi pada ajang yang lebih tinggi yaitu pada ajang Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2019 di Phuket Thailand bulan Mei 2019 mendatang.

Pihak Jurusan Teknik Mesin pun selalu mendorong mahasiswanya untuk selalu berani berinovasi dan mengikuti perlombaan-perlombaan yang diadakan oleh kemenristekdikti. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan penuh baik moril maupun materiil dari pimpinan IST AKPRIND maupun pihak-pihak lain yang peduli dengan pengembangan inovasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here