Perkembangan teknologi otomotif saat ini sudah benar-benar sangat berkembang dengan pesatnya. Bukan hanya penampilan dari luar yang semakin menarik dengan desain menawan tetapi tidak meninggalkan fungsinya. Juga dari desain interior yang selalu berubah setiap kendaraan mengeluarkan produk baru, dengan penambahan fitur-fitur yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Dan tidak ketinggalan, mesin sebagai penghasil daya dikembangkan terus-menerus tanpa henti dimana dahulu kita tahu sebagian besar mesin diesel untuk kendaraaan berat, sekarang sudah banyak digunakan untuk kebutuhan komersil.

Akhir-akhir ini perkembangan engine sangatlah pesat baik mesin bensin maupun mesin diesel, diantaranya teknologi katup cerdas VVTI, CVT, dll .Perubahan sistem bahan bakar yang saat ini juga sudah dikontrol oleh sistem elektronik dan engine management sistem yang sangat komplek. Karena perkembangan teknologi otomotif yang menjadikan semangat untuk menimba ilmu dari yang berkompeten. Bekerja sama dengan Balai Latihan dan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta, Jurusan Teknik Mesin mengirim dosen dan laboran untuk mengikuti pelatihan seputar dunia otomotif.

Pelatihan ini fokuskan pada teknologi mesin diesel yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat. Dikemas dalam bentuk teori dan praktek selama satu minggu dari pagi sampai sore bersama instruktur yang sudah handal pada bidangnya, para dosen dan laboran dilatih untuk dapat memecahkan masalah yang sering dialami seputar mesin diesel. Materi yang diberikan adalah management bengkel, teori dan praktek teknologi motor diesel. Usia tidak menjadi masalah bagi kami untuk terus belajar, karena sebagai dosen kita juga harus terus belajar untuk menyesuaikan dengan perkembangan-perkembangan teknologi pada saat ini, tutur I Gusti Gde Badrawada, S.T., M.Eng. saat ditemui ketika sedang mengikuti pelatihan. Tambahanya, bahwa kegiatan semacam ini sangat bagus untuk menambah wawasan dosen dan laboran, sehingga saya menyarankan kepada Ketua Jurusan supaya dapat meneruskan ke Institut supaya kegiatan seperti ini dapat diadakan lagi dengan tema dan peserta yang berbeda. Sehingga kualifikasi dari dosen dan laboran dapat bertambah dan mampu menunjang setiap praktikum yang ada. (joe)

BAGIKAN
Artikulli paraprakPT. Asahimas Chemical
Artikulli tjetërPT. METRINDO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here