Program Studi seperti Kedokteran, Pertambangan, Ekonomi dan Manajemen menjadi incaran setiap tahun bagi para lulusan SLTA yang akan melanjutkan studinya. Teknik Mesin bukan merupakan program favorit bagi para pejuang SBMPTN. Walau kalah pamor, program studi teknik mesin tidak bisa dianggap remeh karena setiap aspek kehidupan membutuhkan lulusan sarjana teknik mesin. Walaupun pada saat ini dengan kemajuan teknologi yang sudah serba otomatis, kehadiran lulusan teknik mesin masih dibutuhkan.

Penasaran? Berikut beberapa prospek kerja lulusan sarjana teknik mesin.

  1. Konversi Energi

Konversi Energi merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana cara merubah bentuk energi sehingga dapat dimanfaatkan dan membantu kehidupan manusia. Untuk merubah energi tersebut perlu dibuat sebuah alat yang dapat merubah energi tersebut. Contohnya: Turbin angin, turbin uap, turbin air, turbin gas, panel surya, fuel cell.

Tidak mudah memang untuk mewujudkan suatu alat yang memiliki efisiensi tinggi, sehingga banyak dibutuhkan engineer yang mempunyai kemampuan tersebut.

  1. Kontrol Lingkungan

Kontrol lingkungan adalah pengaturan suhu pada sebuah ruangan, biasa disebut Air Conditioner (AC). Tidak mudah untuk menentukan berapa suhu yang harus diberikan karena ada hal-hal lain yang perlu diketahui supaya hasil lebih maksimal. Aplikasi pengkondisian udara saat ini terbesar untuk pengontrolan suhu ruangan dan lemari pendingin. Maka dari itu kebutuhan seseorang yang mengerti atau ahli di bidang pengkondisian udara banyak dicari.

  1. Industri Manufaktur dan Otomasi

Industri manufaktur adalah industri yang memproduksi suatu produk. Contohnya perusahaan otomotif yang memproduksi kendaraan bermotor. Tetapi tidak hanya kendaraan bermotor saja, termasuk suku cadang dari produk tersebut. Dalam perakitan produk banyak faktor yang harus diperhatikan, mulai dari material yang dipakai, desainnya, spesifikasi hingga karakteristik dari produk perlu dipertimbangkan.

  1. Industri Bioteknologi

Keterbatasan sumber daya alam membuat manusia mencari cara agar daoat bertahan hidup. Mencari sumber daya alam lainnya dapat membantu kelangsungan manusia, apalagi dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Dalam biioteknologi, sumber daya yang ada diolah dan dijadikan produk yang bisa dipakai atau digunakan manusia. Sedangkan peran teknik mesin dibidang bioteknologi adalah membuat alat yang cocok dengan kebutuhan bioteknologi. Contohnya adalah peralatan farmasi, kedokteran atau bahan bakar yang berasal dari tumbuhan dan masih banyak lagi.

  1. Industri Kedirgantaraan

Industri kedirgantaraan nggak jauh beda dengan industri otomotif. Yang membedakan adalah industri ini dikhususkan untuk merancang, membuat dan merakit pesawat helikopter. Tidak hanya sekedar merakit pesawat, menentukan material, membuat kerangka dan membuat spesifikasi mesin pesawat juga diajarkan di perkuliahan teknik mesin. Ini bisa jadi alternatif kalau kamu nggak diterima di sekolah kedirgantaraan tapi ingin kerja di bidang dirgantara.

  1. Industri Otomotif

Industri Otomotif berkecimpung dalam semua hal berbau otomotif. Banyaknya komponen yang digunakan membuat lulusan teknik mesin dibutuhkan dalam industri ini. Di sini kamu tidak ngelakuin seperti bengkel dealer kendaraan bermotor, lulusan teknik mesin dibutuhkan untuk merancang kendaraan bermotor. Mulai dari bodi, sasis, transmisi kendaraan hingga spesifikasi engine yang ingin dibuat. Semua itu bisa dipelajari apabila memilih program studi teknik mesin.

  1. Pertambangan

Teknik mesin memegang peranan sangat penting disamping ahli geologi dan pertambangan sendiri. Alat-alat berat yang digunakan pada industri pertambangan harus ada lulusan teknik mesin karena semua peralatan harus ada pemeliharaan dan perawatan. Sebagian besar karyawan pada industri pertambangan rata-rata lulusan teknik mesin, ini menjadi menarik betapa dibutuhkannya lulusan teknik mesin di dunia pertambangan

  1. Pertanian dan Perkebunan

Perkembangan di sektor pertanian dan perkebunan sangatlah signifikan terutama pada peralatan yang digunakan. Pada awalnya yang menggunakan teknologi sederhana, tetapi pada saat ini kemajuan teknologi pada alat-alat pertanian dan perkebunan tidak bisa dianggap remeh. Kehadiran lullusan teknik mesin menjembatani terjadinya perubahan pada alat-alat tersebut. Tuntutan hasil panen menjadi faktor utama menggunakan peralatan yang modern dan canggih.

Itu hanya sebagian kecil dari rospek lulusan teknik mesin. Tertarik mengambil jurusan ini, jangan ragu gabung bersama kami di Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta. ME makes technology easier.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here