Kata narkoba bagi masyarakat sekarang ini sudah tidak asing lagi di telinga, apalagi hampir setiap hari media cetak maupun elektronik menjadikan narkoba sebagai headline-nya. Dan kini narkoba sudah mulai menyerang dunia pendidikan dengan beredarnya obat-obatan terlarang di kalangan pelajar dan mahasiswa, bahkan dengan wujud yang lebih menarik telah masuk ke sekolah-sekolah. Bagaiman dengan masa depan Bangsa Indonesia apabila generasi penerus yang terus digerogoti dengan nargoba, akan terancam bukan?

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, sebagai penggiat di dunia pendidikan berkewajiban mendorong dan menggerakkan seluruh potensinya di lingkungan pendidikan untuk sadar dan peduli terhadap permasalahan narkoba dengan melakukan gerakan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap narkoba). Untuk itu IST AKPRIND Yogyakarta mengadakan Training Of Trainer P4GN dengan tema “Muda, Cerdas Berprestasi Tanpa Narkoba” dan bertindak sebagai nara sumber BNNP Propinsi DIY.

Dibuka oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., TOT P4GN ini dikikuti lebih dari 100 mahasiswa dari semua jurusan.

Jurusan Teknik Mesin mewakilkan Pengurus HMM (Himpunan Mahasiswa Mesin) untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan, nantinya dapat membagikan ilmu yang didapat sebagai wujud rasa solidaritas. Diselenggarakan berturut-turut selama dua hari hingga Selasa, 6 maret 2018 Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) IST AKPRIND, Eko Wijanarko, B.Sc berharap melalui TOT ini, mahasiswa mempunyai peran dalam upaya pencegahan narkoba, menguatkan keberadaan Satgas P4GN yang telah dimiliki oleh IST AKPRIND melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Satmabhara sejak tahun 2014 yang lalu. Eko juga berharap melalui kegiatan ini peserta dapat menjadi penggiat anti narkoba sebagai trainer atau menjadi penyuluh di lingkungan/komunitasnya serta membekali calon penggiat anti narkoba dengan materi P4GN, dan kemampuan menyampaikan pesan-pesan anti narkoba. Selain itu peserta juga diharapkan mampu menyusun rencana aksi P4GN yang akan di implementasikan di lingkungan masing-masing dan mewujudkan peran serta Mahasiswa yang secara mandiri, sukarela dan berkelanjutan mensosialisasikan P4GN. (joe)

Baca juga

IST AKPRIND dan BNNP DIY Selenggarakan TOT Anti Narkotika

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here