18.6 C
Yogyakarta, ID
Tuesday, September 25, 2018

Mobil Hemat Energi adalah mobil yang dibuat untuk mengikuti lomba atau kontes mobil hemat energi skala nasional maupun internasional. Ajang lomba mobil hemat energi yang ada sampai saat ini adalah level nasional yaitu KMHE (Kontes Mobil Hemat Energi) sedangkan untuk skala regional yaitu SEM (Shell Eco-marathon).

KMHE adalah event yang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala nasional, tiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype. Mobil dalam kompetisi KMHE dibagi berdasarkan penggerak yang digunakan, di antaranya Motor Bakar (bahan bakar bensin, diesel dan etanol), Motor Listrik, dan Hybrid.

Eco-Marathon adalah kompetisi tahunan yang disponsori oleh Shell, dimana peserta membuat kendaraan khusus yang bisa melakukan efisiensi bahan bakar sebesar-besarnya. The Eco-Marathon diadakan keliling dunia dan pernah diadakan di Finlandia, Perancis, Jerman, Belanda, Jepang, Amerika Serikat dan Malaysia. Kegiatan ini juga pernah diadakan di Inggris sampai 2010. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai jenis peserta mulai dari amatir sampai tim perguruan tinggi dan perusahaan kendaraan bermotor dengan berbagai rancangan.